Cegah Stunting Dinkes dan Puskesmas Laksanakan Intervensi Serentak di Posyandu

Cegah Stunting Dinkes dan Puskesmas Laksanakan Intervensi Serentak di Posyandu

Menindaklanjuti Surat Edaran Kementrian Kesehatan RI Nomor HK.02.02/B/716/2024 tanggal 22 Mei 2024 tentang Pelaksanaan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting dan Surat Pelaksanaan Kegiatan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Daerah nomor 400.5.3/3161/Bangda tanggal 13 Mei 2024 Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Bersama seluruh Puskesmas di Kota Probolinggo melaksanakan Gerakan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di seluruh Posyandu Kota Probolinggo.

Pelaksanaan intervensi serentak pencegahan stunting ini adalah salah satu langkah strategis untuk menurunkan angka stunting melalui kegiatan pemeriksaan, pengukuran dan penimbangan di seluruh Posyandu secara serentak, dengan sasaran ibu hamil, Bayi dan Balita.

Adapun output yang diharapkan di Kota Probolinggo yaitu

  • 1.      Pengukuran dan penimbangan balita yang bestandar
  • 2.      Pencatatan pelaporan secara real time
  • 3.      Skrining dan kunjungan rumah
  • 4.      Intervensi masalah gizi dan rujukan yang tepat
  • 5.      Edukasi pencegahan stunting

Selain itu melalui kegiatan intervensi serentak ini, diharapkan angka kehadiran timbang ukur anak-anak setiap bulan, mencapai target minimal 90 persen, sehingga dalam satu tahun berjalan dapat diketahui gambaran angka prevalensi stunting di Kota Probolinggo. Sasaran yang tidak datang ke posyandu dapat dilakukan kunjungan rumah serta bisa memberikan edukasi untuk bisa datang ke posyandu tiap bulan


 

#berita
SHARE :
LINK TERKAIT